Tips Cepat Berhenti Merokok

Berikut ini blog info kesehatan akan menyajikan beberapa tips berhenti merokok dengan cepat.

Ketahui alasan Anda
Anda ingin berhenti merokok, tetapi apakah Anda tahu apa alasan Anda berhenti merokok ? Alasan ini perlu kita tahu untuk mendapatkan motivasi Anda, Anda membutuhkan dukungan yang kuat dari alasan itu, alasan pribadi untuk berhenti merokok. Mungkin Anda beralasan ingin melindungi keluarga Anda dari asap rokok. Mungkin karena kanker paru-paru menakutkan Anda. Atau mungkin Anda ingin terlihat dan merasa lebih muda. Pilih alasan yang cukup kuat, bukan hanya keinginan saja yang menyala-nyala.

Lakukan terapi nikotin
Ketika Anda berhenti merokok, kecanduan diri dari nikotin dapat membuat Anda merasa frustrasi, depresi, gelisah, atau marah. Keinginan untuk berhenti sekaligus mungkin berlebihan. Harus ada terapi pengganti nikotin yang dapat membantu menanggulangi dampak seperti ini. Studi menunjukkan bahwa permen karet nikotin, lozenges, dan patches dapat membantu melipatgandakan peluang Anda untuk berhenti secara berhasil bila digunakan dengan program perilaku intensif. Tetapi menggunakan produk ini sambil merokok pada umumnya tidak dianjurkan.

Secara perlahan
Bisa saja Anda dan mendeklarasikan untuk berhenti merokok, tapi hal ini tidak mudah dilakukan. Sekitar 95% dari orang-orang yang mencoba untuk berhenti merokok tanpa terapi atau obat, akhirnya kambuh lagi. Alasannya adalah bahwa nikotin adalah zat adiktif. Otak menjadi terbiasa dengan nikotin dan dia akan memerlukan itu lagi. Makanya berhenti dari rokok hanya bisa dilakukan secara perlahan. 

Tanyakan ke dokter
Untuk memudahkan penarikan diri dari nikotin tanpa menggunakan produk yang mengandung nikotin, tanyakan kepada dokter Anda tentang obat yang diperlukan Ada pil yang membantu mengurangi rasa lapar dengan mempengaruhi zat kimia dalam otak. Pil ini juga dapat membuat merokok menjadi kurang memuaskan jika Anda mengambil sebatang rokok. Ada juga obat lain yang dapat membantu mengurangi gejala kecanduan yang mengganggu seperti depresi atau ketidakmampuan untuk berkonsentrasi. 

Jangan sendiri
Beritahu teman Anda, keluarga, dan rekan kerja bahwa Anda sedang berusaha untuk berhenti merokok. Dorongan mereka bisa membuat Anda lebih termotivasi.  



Tips Cepat Berhenti Merokok

Berhenti Merokok


Mengelola stres
Salah satu alasan orang merokok adalah bahwa nikotin membantu mereka serasa tenang. Setelah Anda berhenti, Anda akan perlu cara lain untuk mengatasi stres. Cobalah melakukan pijatan, mendengarkan musik yang santai, melakukan yoga atau belajar tai chi. Jika mungkin, hindari situasi stres selama beberapa minggu pertama setelah Anda berhenti merokok.
 


Hindari alkohol
Kegiatan tertentu dapat meningkatkan keinginan Anda untuk merokok. Alkohol adalah salah satu pemicu paling umum, jadi cobalah untuk mengurangi minum dan berhenti minum ketika Anda pertama kali berhenti merokok. Jika kopi yang jadi pemicu, beralihlah ke teh selama beberapa minggu. Dan jika Anda biasanya merokok setelah makan, tenemukan sesuatu yang lain untuk melakukan penggantinya, seperti menyikat gigi atau mengunyah permen karet.
 


Membersihkan rumah
Setelah Anda mengisap rokok yang terakhir, mungkin Anda melempar jauh semua asbak dan korek api. Cuci setiap pakaian yang berbau seperti asap rokok dan bersihkan juga karpet, tirai, dan kain pelapis. Gunakan penyegar udara untuk membantu membersihkan rumah Anda dari aroma familiar. Anda tentu tidak ingin melihat atau mencium sesuatu yang mengingatkan Anda kepada rokok.
 


Coba dan coba lagi
Sangat umum kalau kita kambuh lagi. Banyak perokok mencoba beberapa kali sebelum berhenti merokok untuk selamanya. Cek emosi dan keadaan yang menyebabkan kekambuhan Anda. Gunakan hal ini sebagai kesempatan untuk menegaskan kembali komitmen Anda untuk berhenti. Setelah Anda membuat keputusan untuk mencoba lagi, tetapkan "tanggal keluar" dalam bulan depan.
 


Aktif
Aktivitas fisik dapat membantu mengurangi ketagihan nikotin dan meringankan beberapa gejala kecanduan. Bila Anda ingin meraih sebatang rokok, coba segera pakai inline skate atau sepatu joging sebagai gantinya. Bahkan olahraga ringan pun sangat membantu, seperti berjalan sambil membawa hewan peliharaan atau mencabut rumput liar di kebun. Kalori ekstra yang Anda bakar juga akan menangkal kenaikan berat badan saat Anda berhenti merokok.

Makan buah dan sayuran
Jangan mencoba untuk diet saat berhenti merokok, terlalu banyak kekurangan pasti akan menjadi bumerang. Sebaliknya, fokuslah untuk makan lebih banyak sejenis buah, sayuran, dan produk susu rendah lemak. Sebuah studi dari Duke University menunjukkan bahwa makanan ini membuat rokok terasa mengerikan. Hal ini akan memberikan dorongan dalam memerangi keinginan Anda sambil memberikan nutrisi yang baik dalam melawan penyakit.
 


Itulah kiat-kiat atau cara berhenti merokok yang bisa Saya haturkan buat Anda, semoga program berhenti merokoknya bisa berhasil dan sukses.

Related Posts:

0 Response to "Tips Cepat Berhenti Merokok"

Posting Komentar