Cara Meningkatkan Ketajaman Otak Atau IQ



Apakah orang pandai mempunyai ingatan yang lebih baik? Orang ber-IQ tinggi biasanya mempunyai ingatan yang bagus. Namun terdapat beberapa individu dengan ingatan sempurna yang tampak terbelakang dalam hal intelektual. Terdapat beberapa kasus yang dipublikasikan secara luas tentang orang-orang yang memiliki kelemahan terhadap mental mereka tapi mempunyai ingatan akurat dalam hal-hal tertentu.

Cara Meningkatkan Ketajaman Otak Atau IQ


Ingatan superior bagi kebanyakan orang merupakan faktor keturunan. Contohnya: semua master catur yang bisa mengingat langkah-langkah yang dimainkan pada permainan sebelumnya sebaik pada setiap gerakan dalam permainan yang baru saja terjadi dilahirkan dengan IQ tinggi. Meskipun faktor keturunan menentukan IQ seseorang, yang meningkatkan efisiensi intelek adalah usaha dan latihan.

Ingatan memang merupakan salah satu balok pembangunan intelegensia. Ingatan pula merupakan komponen belajar yang vital. kemampuan mengungkapkan diri dengan tepat dan lancar tergantung pada banyaknya perbendaharaan kata Anda. Semakin baik ingatan Anda, semakin mudah Anda memperlajari kata-kata baru dan mengaksesnya saat ingin menggunakannya.

Meskipun terdapat ingatan superior yang didapat dari lahir, namun dengan sedikit latihan dan usaha, Anda bisa membuat perubahan dengan mencapai potensi Anda secara penuh. Beberapa mitos tentang intelejensia bertahan hingga sekarang. Salah satunya adalah bahwa otak kita tumbuh dengan cepat pada tahun-tahun pertama kehidupan dan mulai mengalami penurunan bertahap seiring dengan bertambahnya usia. Kini para peneliti menyebutkan bahwa sistem saraf kita termasuk otak, terus berkembang jika kita menstimulasikannya dengan tantangan. Otak dirancang untuk bereaksi terhadap dorongan dan akan mengembangkan kekuatannya untuk menjawab tantangan baru. Hal ini sudah terbukti dalam penelitian laboratorium bahwa struktur korteks serebral (lapisan luar otak besar yang terdiri dari sel-sel saraf) tetap lentur seumur hidup pada organisme yang sehat.

Jika ingin memaksimalkan potensi intelektual atau IQ, Anda hanya perlu membuatnya tetap fit dan aktif dengan kegiatan yang merangsang kinerja otak dalam pekerjaan dan jug akegiatan yang menstimulasi kegiatan rekreasi seperti mengerjakan teka-teki silang, permainan kartu, kelompok diskusi, klub buku, dan rasa ingin tahu tentang dunia di sekitar Anda.

Baca: 10 Hal Yang Sering Dihadapi Oleh Kamu Si Introvert Yang Pendiam 

Lalu bagaimana cara meningkatkan kekuatan otak Anda?

Buku tentang permainan atau teka-teki silang akan membantu sirkuit otak Anda tetap terbuka dan intelektual Anda tetap aktif. Inilah beberapa contoh yang bisa diterapkan:

Latihan 1 Melejitkan Kekuatan Otak dengan Permainan Huruf
Cari huruf yang tidak diperlukan dan saat mencoretnya Anda akan menemukan sebuah kata yang Anda kenali yang sedikitnya terdiri atas tujuh huruf.

1) I R N E C T S I E L N E T M E I S A O N

2) J A I F N S V E N I E L T G S O N H E T

3) A N M N L E R M E O N I C T

Dari pencarian, soal nomor 1 dapat ditemukan kata retention. Sementara soal nomor 2 ditemukan kata insight, dan soal nomor 3 diketemukan kata mnemonic.

Latihan 2 Memicu Kemampuan Otak dengan Mencari Persamaan Kata
Apa persamaan kata berikut? deft, burst, hijinks, nope, stupor, dan coughing.

Latihan 3 Meningkatkan Kekuatan Otak dengan Permainan Angka
Jika Anda membuat daftar semua angka mulai 1 sampai 90, berapa kali angka 3 akan muncul?

Latihan 4 Mengingat Kosakata dengan  Membaca Terbalik untuk Memberi Stimulasi Otak
Latihan sederhana yang bisa Anda lakukan setiap hari  adalah dengan membaca koran secara terbalik. Selain melatih ketajaman penglihatan, Anda juga mengerahkan ingatan Anda pada kosa kata yang Anda miliki saat berusaha memahami beberapa huruf pertama.

Latihan 5 Membuat Permainan Anagram
Buat permainan anagramAnda sendiri, setiap hari, pikirkan sebuah kata yang berubah menjadi kata baru jika letak hurufnya diubah. Contohnya: buku/kuba; suka/kuas; ruas/arus.

Baca: Berteman Dengan Mantan Adalah Bukti Kedewasaan 


Demikian tips dan trik, teknik meningkatkan ketajaman otak atau IQ.

Related Posts:

0 Response to "Cara Meningkatkan Ketajaman Otak Atau IQ"

Posting Komentar