cara membuat usb bootable microsoft windows dari linux ubuntu 10.04 lucid

Pada dasarnya install sistem operasi yang paling baik adalah menggunakan CD/DVD sistem operasi orisinil, tetapi karena berbagai faktor CD/DVD rusak atau faktor lain sehingga mengharuskan untuk memakai media lain. Nah jika anda sekalian memiliki CD/DVD sistemoperasi windows/linux/mac atau lainnya, alangkah lebih baiknya dibackup terlebih dahulu. Selain dari segi harga yang relatif mahal untuk sistem operasi yang memerlukan lisensi (windows/macintosh), faktor berikutnya adalah kepraktisan dan keawetan, saya rasa untuk CD/DVD akan lebih cepat rusak bila dibandingkan dengan memory flash, dalam kondisi normal dan kering.
Untuk permasalahan  disini, saya mencontohkan bahwa saya terlanjut memiliki sistem operasi linux pada netbook saya, kemudian dalam kondisi darurat / sangat penting saya memerlukan bootable sistem operasi untuk saya install pada komputer netbook yang lain, yang kebetulan harus beroperasi microsoft windows nah, mau memakai DVD drive dalam netbook tidak memiliki DVD drive, DVD eksternal harus cari toko, beli dulu ... ribet kan ?
Nah disini akan saya berikan teknik cara membuat bootable usb dari operating sistem linux menggunakan aplikasi bawaan ubuntu software center yaitu winusb. Mengapa saya menggunakan aplikasi ini?, karena winusb sudah teruji oleh canonical bahwa aman dari crash, debug, dan atau malware. Diweb luar biasanya sudah banyak yang menyediakan aplikasi bootable disk seperti UNetbootin yang bersifat portable untuk windows dan installer untuk Linux, Universal USB Installer (pendrive) dan lainnya yang saya test/coba tidak semua aplikasi tersebut murni 100% dapat digunakan.
Untuk menginstallnya disini saya menggunakan distro linux ubuntu 10.04 (lucid) Kernel Linux 2.6.32-21-generic GNOME 2.30.0 memang sudah agak ketinggalan, karena saya memakai hardware netbook yang hanya cocok dengan distro ini.

Pertama
Download dulu installernya winusb disini : 
karena di Ubuntu software center belum tersedia / ini via shorte kemudian tunggu 5 detik lalu klik SKIP

Kedua
Instal file winusb_1.0.11+lucid1_i386.deb dengan cara klik 2 kali filenya atau klik kanan pilih buka dengan Pemasang Paket GDEBI

Ketiga
Tunggu prosesnya, dan disini koneksi internet mutlak diperlukan jadi harus terhubunga dengan internet untuk mengunduh file pendukungnya.

Keempat
Setelah instalasi selesai kemudian jalanlan aplikasinya di menu Aplikasi - Perkakas Sistem - Winusb.


Setelah itu pilih source : tempat kamu menyimpan file installer windowsya (ini harus windows 7/8/10) windows XP tidak support dan harus berekstensi .iso, kalo belum punya iso, file DVD Windowsnya dikonvert dulu ke iso, dengan aplikasi Iso Master.
Kemudian masukkan usb flashdisknya rekomendasi saya minimal berukuran 4GB, akan muncul seperti pada gambar disamping USB Flash Drive, lalu diklik.

Kemudian klik install dibawahnya, tinggal tunggu sampai selesai.

Tips. :
USB yang sudah dibuat bootable sebaiknya jangan sampai digunakan untuk menyimpan data sebelum digunakan untuk menginstall komputer, karena akan ada sebagian file yang corupt meskipun hanya dicolokkan ke komputer yang lain.

Related Posts:

0 Response to "cara membuat usb bootable microsoft windows dari linux ubuntu 10.04 lucid"

Posting Komentar