Manfaat Jus Alpukat untuk Diet

Kali ini Saya akan bahas manfaat jus alpukat untuk diet. Pada program penurunan berat badan ini, jus alpukat harus dibuat tanpa menambahkan gula dan susu ke dalamnya, karena jika Anda menambahkan gula dan susu maka tidak dapat melangsingkan tubuh tapi malah akan menumpuk lemak, karena lemak jahat bukan dari alpukat tetapi dari gula dan susu. Untuk pemanis dapat menambahkan madu, karena madu juga baik untuk kesehatan tubuh kita. Jus alpukat ini adalah makanan sehat yang baik untuk menurunkan berat badan dan untuk program diet.

Baca juga : jus untuk menurunkan berat badan


Manfaat dan khasiat jus alpukat lainnya

Dalam 100 gram buah alpukat terkandung sekitar 300-400 IU vitamin A dan sekitar 165 mikrogram karoten. Selain vitamin A, dalam alpukat juga mengandung vitamin B yang memainkan peranan penting dalam proses metabolisme serta vitamin C sebagai peningkat kekebalan tubuh. Vitamin C pada alpukat sekitar 14 mg per 100 gram buah alpukat. Sementara vitamin E dapat merawat kulit seperti mengencangkan kulit dan menghambat keriput.

Gabungan vitamin A dan E dapat berguna untuk menghaluskan kulit, mengencangkan dan membuat kulit kenyal, dan memperkecil kerutan di wajah sehingga tampak segar dan awet muda, sedangkan kombinasi vitamin C, vitamin E, zat besi, kalium dan mangan sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Dengan adanya asam folat dan vitamin B, jus alpukat sangat ideal untuk merangsang pembentukan jaringan kolagen.

Alpukat juga dapat mencegah stroke dan serangan jantung. Hal ini disebabkan karena adanya lemak tak jenuh tunggal dalam jus alpukat. Lemak baik ini bisa menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan di Queensland, Australia, menemukan bahwa mengkonsumsi satu setengah buah alpukat setiap hari lebih baik dari diet rendah lemak yang bertujuan untuk menurunkan kolesterol tubuh. Lemak dalam alpukat termasuk lemak tak jenuh yang tidak membuat kita gemuk dan tidak menyebabkan kolesterol tinggi sehingga stroke dan serangan jantung dapat dihindari.

Pendapat yang mengatakan bahwa minum jus alpukat bisa membentuk lemak tubuh kita sangat bertentangan dengan studi jurnal Diabetes Care, yang mengungkapkan bahwa mengkonsumsi diet dengan lemak tak jenuh tunggal dapat membakar lemak tubuh, terutama pada perut. Kadar gula dalam darah yang tinggi dapat menyimpan lemak di sekitar perut dan pinggul.

Alpukat memiliki 114 mikrogram asam folat. Jumlah ini cukup untuk memenuhi kebutuhan 30% dari asam folat untuk ibu hamil. Kebutuhan asam folat yang direkomendasikan bagi ibu hamil setiap hari, sekitar 600 mikrogram, 500 mikrogram untuk ibu menyusui, serta perempuan dewasa memerlukan 400 mikrogram.


Manfaat Jus Alpukat untuk Diet



Resep jus alpukat sehat

Untuk membuat jus alpukat, siapkan bahannya sebagai berikut :
  • 1 alpukat matang lalu kupas
  • 1,5 gelas susu segar
  • 2 sdm gula aren cair yang dicampur dengan 2 sdm air
  • garam secukupnya
Haluskan semua bahan dengan cara diblender. Lalu tuangkan jus alpukat yang sudah jadi pada 2 gelas. Selamat menikmati!


Fakta nutrisi buah alpukat

Setiap per 1 cangkir alpukat yakni sekitar 230 gram mengandung :
Lemak total 35.4 gram yang terbagi atas :
- Lemak Jenuh 4.9 g (24%)
- Monounsaturated Fat 22.5 g
- Lemak tak jenuh ganda 4.2 g
Asam lemak Omega-3  253 mg
Asam lemak Omega-6 3886 mg

Itulah beberapa informasi seputar jus alpukat dan manfaatnya untuk diet seta kesehatan tubuh pada umumnya.

Related Posts:

0 Response to "Manfaat Jus Alpukat untuk Diet "

Posting Komentar