Makanan Sehat Ibu Hamil 5 Bulan

Makanan sehat ibu hamil 5 bulan mutlak diperlukan untuk perkembangan janin dan kesehatan si ibu sendiri. Nutrisi yang lebih banyak diperlukan untuk bulan ke 5 dan 6 diantaranya kalsium, omega 3 dan vitamin A.

Pada bulan ke-5, ukuran bayi sudah sepanjang 27 cm dengan berat sekitar 360 gram. Alis dan bulu mata sudah terbentuk sempurna, begitu pula kuku sudah tumbuh menutupi ujung-ujung jarinya. Pada masa ini, makanan sehat untuk ibu hamil tetap sama dengan bulan-bulan sebelumnya, tetapi perbanyak makanan ber-kalsium, vitamin D, zat besi, omega 3, vitamin C dan vitamin A.

Kalsium ini akan terus dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang bayi serta membentuk gigi. Cara gampang untuk mendapatkan kalsium adalah dengan meminum susu. Sebaiknya ibu memilih susu yang sudah dipasteurisasi agar aman untuk janin.

Vitamin D dibutuhkan juga untuk membantu dalam penyerapan kalsium secara maksimal. Vitamin D bisa didapatkan dari susu, hati, ikan atau kuning telur.


Makanan Sehat Ibu Hamil 5 Bulan


Otak bayipun ikut berkembang dengan pesat. Dengan mengkonsumsi Omega 3 lebih banyak maka akan mendukung perkembangan otaknya. Makanan ber-Omega 3 bisa kita dapatkan dari ikan salmon, sarden, makarel, tahu, kacang kedelai, telur, sayuran hijau, susu, keju, dan wijen. Jika dirasa kurang, ibu bisa mengkonsumsi suplemen Omega 3 dengan berkonsultasi lebih dahulu.

Sedangkan vitamin A sangat berguna untuk ibu hamil 5 bulan, karena sebagian besar ibu hamil mengalami mata kering saat usia ini. Solusinya dengan memperbanyak vitamin A yang memang berguna untuk menyehatkan mata.

Adapun zat besi bisa didapatkan dari daging, ikan atau hati. Zat besi memiliki fungsi untuk membentuk sel darah merah sehingga mengurangi resiko ibu hamil terkena anemia. Lengkapi pula dengan vitamin C yang akan membantu dalam penyerapan zat besi, membantu melindungi jaringan dan juga sebagai antioksidan.

Sumber info sehat:
http://id.theasianparent.com/makanan-sehat-untuk-ibu-hamil-5-6-bulan/
http://bidanku.com/makanan-untuk-ibu-hamil-5-bulan

Related Posts:

0 Response to "Makanan Sehat Ibu Hamil 5 Bulan"

Posting Komentar