Bahaya Narkoba Bagi Pelajar

Setelah kemaren, blog artikel tentang kesehatan menulis pengertian narkoba, kali ini akan membahas bagaimana dan apa saja bahaya narkoba bagi pelajar khususnya. Kita tahu bahwa masa remaja merupakan cerminan masa depan. Jika masa remajanya rusak gara-gara narkoba, maka masa depannya bisa dibayangkan bagaimana suramnya. Walaupun masa remaja selalu identik dengan masa coba-coba, tapi tidak semua hal mesti dicoba. Remaja terutama para pelajar, hendaklah mencoba hal-hal yang positif yang berguna minimal bagi dirinya sendiri. Jangan sekali-kali mencoba-coba narkoba walau hanya sedikit pun. Dengan demikian, peranan orang tua sebagai pengawas dan pembimbing garda terdepan mutlak diperlukan. Disamping itu, memaksimalkan pendidikan agama dan akhlak baik di keluarga, masyarakat lewat pesantren atau perkumpulan remaja mesjid, mutlak diperlukan agar para remaja khususnya pelajar terhindar dari bahaya narkoba karena dampak penyalahgunaan narkoba itu sangat luar biasa bagi penggunanya.

Secara garis besar, dampak penggunaan narkoba bisa terbagi 2 yakni dampak pada fisik atau jasmani dan pada kejiwaan atau psikis. Untuk lebih detailnya, ini dia beberapa bahaya narkoba bagi pelajar khususnya yang wajib diketahui, baik buat pelajar SD, SMP maupun SMU.


Bahaya Narkoba Bagi Pelajar

  • Terganggunya sistem syaraf sehingga menimbulkan gejala kejang-kejang, halusinasi, gangguan kesadaran dan terjadi kerusakan saraf tepi sehingga otomatis si pelajar tak akan fokus dalam belajar.
  • Terganggunya fungsi otak dan perkembangan remaja sehingga membuat turunnya daya ingat dan mudah lupa, sulit berkonsentrasi dan timbulnya perasaan semu.
  • Terjadinya gangguan pada jantung dan pembuluh darah seperti timbulnya infeksi akut pada otot jantung dan gangguan peredaran darah. 
  • Terjadinya gangguan pada kulit seperti penanahan akibat bekas suntikan dan juga alergi.
  • Terjadinya gangguan pada paru-paru seperti adanya penekanan fungsi pernapasan sehingga terjadi sesak nafas, pembesaran jaringan paru-paru serta terjadinya penggumpalan atau pengumpulan benda asing yang terhirup.
  • Bisa terinfeksi virus HIV yang diakibatkan oleh pemakain jarum suntik bersamaan. 
  • Membuat proses berfikir menjadi tidak normal dan lambat, tentunya ini akan menghambat dalam penerimaan pelajaran di sekolah.
  • Timbulnya perasaan cemas, apatis, suka menghayal, gampang marah, gelisah, pemurung, penyendiri, susah tidur, berbohong, suka bolos sekolah, malas belajar, tidak disiplin, linglung dan seabreg sifat negatif lainnya.
  • Timbulnya ketergantungan terhadap narkoba yang dikonsumsi.
  • Merugikan keluarga, sekolah dan masyarakat baik secara ekonomi, sosial, kesehatan dan hukum.
  • Menarik diri dari pergaulan dengan teman lainnya dan guru di sekolah dan enggan bergaul di keluarga atau masyarakat dan hanya bergaul dengan komunitas mereka pro narkoba.
Itulah beberapa dampak atau bahaya narkoba bagi pelajar SD, SMP dan SMA yang mesti sobat ketahui agar sobat semua terhindar dari kedahsyatan bahaya narkoba.

Related Posts:

0 Response to "Bahaya Narkoba Bagi Pelajar"

Posting Komentar