Android semakin canggih dengan teknik fotografi Light painting

Android semakin canggih dengan teknik fotografi Light painting � Bagi Anda yang suka dunia fotografi mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah Light painting (melukis dalam cahaya). Dalam dunia fotografi melukis dalam cahaya ini memakai teknik long exposure untuk menangkap cahaya sebagai objeknya. Cahaya yang sengaja dijadikan objek foto di bentuk dengan berbagai macam pola sesuai keinginan dan kreativitas masing-masing. Kegiatan ini cukup mengasyikkan, karena mengasah kreativitas diri kita dengan membuat pola-pola tertentu dan hasil foto juga beda dari biasanya, karena ada tambahan efek cahaya yang membuat seni dam foto semakin keren. Contohnya seperti dibawah ini :
light painting
light painting

Mungkin kebanyakan orang berfikir membuat Light painting seperti itu hanya bisa dilakukan oleh fotografer profesional dan harus menggunakan kamera canggih yang mahal. Itu salah besar! Karena sekarang hanya dengan menggunakan smartphone android, kita sudah bisa membuat Light painting seperti yang dilakukan fotografer handal di luar sana. Bagaimana? Penasaran gimana cara buatnya? Simak baik-baik tutorial dibawah ini.

Tips :

Untuk membuat Light painting yang bagus, sebaiknya dilakukan di malam hari, karena suasana gelap itu cocok untuk membuat Light painting. Yang penting tempat harus gelap. Dan sebelum itu, pikirkan dulu konsep Light painting nya, mau buat pola apa? Mau buat tulisan apa? Mau buat gambar apa? Ini adalah konsep yang paling penting, jadi rencanakan matang-matang terlebih dahulu.

Peralatan :

- Smartphone android berkamera
- Tripod
- Sumber cahaya. Bisa menggunakan senter, LED atau benda lain yang bercahaya. Jika sumber cahaya hanya berwarna putih, Anda bisa menggunakan plastik berwarna sesuai selera Anda.
- Aplikasi Camera FV-5 yang bisa Anda download di Play Store

Cara buat Light painting dengan smartphone android :

- Buka aplikasi Camera FV-5, kemudian setting shutter Speed di Custom, atur waktu nya di atas 20 detik atau tergantung kebutuhan seberapa susah pola, gambar atau tulisan yang ingin Anda buat, WB di mode Ulf, atur ISO 100 saja
- Setelah semua alat sudah di setting sedemikian rupa, tinggal tekan shutter camera, lalu mulailah membuat tulisan atau gambar menggunakan senter tadi.
- Bagaimana hasilnya? Bagus bukan?

Dan untuk Anda yang tidak mau ribet, Anda bisa menggunakan kamera dari ponsel Huawei P8 yang sudah menggunakan sensor imaging RGBW (Red, Green, kue, White) empat warna dengan OIS (optical image stabilisation) terbaik dan ISP (Image signal prosesor) setara dengan kualitas kamera DSLR atau bisa dikatakan Huawei P8 mempunyai kamera yang cocok untuk kondisi kurang cahaya (low-light) dengan warna-warni yang lebih alami. Dengan menggunakan smartphone huawei p8, Anda tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan. Namun, tetap menggunakan tripod untuk meminimalisir terjadinya guncangan.

Demikianlah tutorial singkat mengenai teknik Light painting menggunakan smartphone android, semoga bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian. Jangan lupa bagikan artikel ini pada teman-teman Anda, siapa tahu sedang membutuhakan Android semakin canggih dengan teknik fotografi Light painting.

Related Posts:

0 Response to "Android semakin canggih dengan teknik fotografi Light painting"

Posting Komentar