Penyebab Penyakit Kaki Gajah

Sobat sudah tahu tentang penyakit gajah ? Penyakit gajah ini sangat berbahaya dan termasuk kategori penyakit menular. Penyebab penyakit kaki gajah ini karena ada penularan melalui cacing filarial yang dibawa oleh nyamuk dan umumnya terjadi di daerah beriklim tropis atau panas.

Cacing filarial yang dimaksud terdiri dari 3 spesies, yakni Wuchereria Bancrofti, Brugia Malayi, dan Brugia Timori. Cacing filarial menyerupai benang serta bisa hidup dalam tubuh manusia khususnya dalam kelenjar getah bening dan darah. Cacing filarial bisa hidup dalam kelenjar getah bening selama 4 � 6 tahun. Dalam tubuh manusia, cacing dewasa yang betina memproduksi jutaan anak cacing yang beredar dalam darah khususnya pada malam hari.

Nyamuk yang mampu membawa cacing tersebut adalah 23 spesies nyamuk dari dari genus Anopheles, Culex, Mansonia, Aedes dan Armigeres. Sesuai dengan namanya, penderita yang mengalami kaki gajah, makanya kakinya akan membengkak sebesar kaki gajah. Selain kaki bengkak, anggota tubuh lainnya seperti lengan dan alat kelamin pun bisa membengkak.

Karena penularannya lewat nyamuk, maka salah satu solusi penting agar terhindar dari penyakit kaki gajah adalah membersihkan rumah dan lingkungannya dari sarang nyamuk secara rutin. Bisa juga dengan menggunakan lotion atau obat anti nyamuk ketika kita akan tidur.

Diharapkan dengan mengetahui penyebab penyakit kaki gajah tersebut, maka kita bisa waspada dan bisa mencegah penularan penyakit kaki gajah tersebut. Demikianlah info kesehatan seputar penyebab kaki gajah, muda-mudahan bermanfaat buat sobat semua.

Related Posts:

0 Response to "Penyebab Penyakit Kaki Gajah"

Posting Komentar