Cara mengatasi restart, gagal boot dengan cara flashing samsung GT-S3850 Corby dengan multiloder

Pada postingan kali ini, saya akan berbagi flashing Samsung Corby GT-S3850 yang merupakan Android dengan versi Android 2.0. Pada pengalaman saya awalnya belum pernah mengatasi samsung versi ini tetapi pada suatu hari ada seorang teman yang punya samsung corby GT-S3850 yang pada saat itu setelah dihidupkan hanya muncul sampai logo Samsung GT-S3850 yang artinya android ini gagal loading, nah saat itulah kata temen saya itu androidnya bebas boleh dijadikan eksperimen buat diFlas ulang, dan jika seandainya terjadi kegagalan dia terima apa adanya / jadi tidak masalah dijadikan kelinci percobaan.
Agak pusing juga mencari solusi untuk masalah ini, yang pertama saya bukan seorang teknisi android yang handal, saya hanya ingin belajar secara otodidak, googling dan mencari pengalaman baru. Nah, dari kasus ini saya berfikir android ini harus diflash menggunakan UFS Box miliknya samsung yang sayangnya saya tidak memilikinya. Setelah saya mencari-cari informasi ke teman-teman serta googling akhirnya mendapatkan solusi pencerahannya dari website luarnegeri yang bahasanya sedikit saya mengerti yaitu menggunakan bahasa inggris, diwebsite ini (sudah lupa alamatnya) dijelaskan bahwa untuk proses flashing Samsung GT-S3850 dapat di flashing dengan menggunakan Downloader versi 5.65.
Setelah beberapa hari saya mencoba untuk memahami isi dan intisari dari website tersebut dengan rasa syukur akhirnya saya memahami juga, dan saya menerapkannya ke android teman saya tadi yang gagal loading buat di flash ulang ke standart pabrik.
Nah bagi teman-teman ada yang kebingungan dengan permasalah seperti yang saya alami, disini akan saya share pengalaman saya ini. Sebelumnya peralatan yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut :
  1. Kabel data buat ngeflash, disini saya memakai kabel standart USB miliknya samsung dengan kode UM-0561zj, tetapi memakai kabel lainnya juga bisa asalkan kondisinya bisa dipastikan bisa dan berfungsi dengan baik.
  2. Download terlebih dahulu Driver Samsung GT-S3850 dan disini saya menggunakan Samsung Kies Installer 2.0 yang sudah terintegrasi dengan drivernya, Firmware Samsung GT-S3850, dan yang tidak kalah pentingnya adalah Multiloader versi 5.65.
  •  Driver GT-S3850 
  •  Firmware Samsung GT-S3850 
  •  Multiloader versi 5.65 
Untuk cara flashing secara rinci adalah sebagai berikut :
Yang pertama
Dalam kondisi mati, kalau masih hidup matikan terlebih dahulu, kemudian nyalakan androidnya dengan cara menekan tiga tombol secara bersamaan yaitu volume kebawah, Tombol Power dan Tombol penerima panggilan seperti pada screenshot berikut ini :

Yang Kedua
Tahan beberapa saat jari Anda di posisi tiga tombol tersebut sampai muncul dilayar garis merah bertuliskan DOWNLOAD dengan backgroud warna hitam seperti pada screenshoot berikut ini :

Yang Ketiga
Setelah kondisi androidnya seperti gambar diatas maka sekarang waktunya buat flashing adroidnya dengan Multiloader 5.65. Siapkan Kabel USB datanya kemudian hubungkan dengan android GT-S3850
Yang Keempat
Ekstrak Aplikasi Samsung Kies untuk menjadi Driver GT-S3850 kemudian Install aplikasi Samsung Kies installer sampai selesai.
Yang Kelima
Ekstrak Aplikasi Multiloader 5.65 kemudian jalankan aplikasinya dan pada bagian atas beri cek list pada BRCM2133. Pada bagian port dibiarkan cara posisi otomatis, Anda hanya cukup mengklik pada bagian port Search, karena kita akan mendownload atau mengisi seluruh aplikasi pada Samsung GT-S3850, maka kita beri ceklist pada kolom Full Download.

Yang Keenam
Ekstrak File Firmware GT-S3850 yaitu S3850XEKC5 kemudian disini amat sangat penting sekali buat flashingnya, dan kebetulah digambar diatas sudah ada yaitu mengarahkan Aplikasi Multiloader 5.65 ke File Aplikasi Samsung GT-S3850.
  • Klik pada kolom BOOT, arahkan pada ekstrakan file Aplikasi S3850XEKC5 di Folder BOOTFILE.
  • Klik pada kolom Amss masukkan file : apps_compressed.bin
  • Klik pada kolom Apss masukkan file : apps_compressed.bin
  • Klik pada kolom Rsrc1 masukkan file : Rsrc_S3850_Open_Europe_Slav.rc1
  • Klik pada kolom Rsrc2 masukkan file : Rsrc2_S3850(Low).rc2
  • Klik pada kolom Factory FS masukkan file : FactoryFs_Open_Europe_Slav.ffs
  • Klik pada kolom CSC masukkan file : CSC_S3850_Open_Europe_Slav.csc
  • Klik pada kolom SHP APP masukkan file : ShpApp.app
Setelah semuanya dimasukkan dengan benar kemudian diklik Download, maka proses instalasi akan berjalan tahap demi tahap, tunggu sampai selesai yang berkisar diwaktu 15 menit. Seperti pada gambar diatas juga COM5 loading . . . 
Yang Ketujuh
Setelah proses instalasi selesai, maka androidnya akan secara otomatis merestart sendiri dan hidup kembali dengan layar warna biru menandakan loading aplikasi dan harus menunggu sekitar 30 detik, seperti pada gambar berikut ini :
Nah, instalasi atau fashing ulang Samsung GT-S3850 akhirnya selesai juga. Dan disini saya juga akan sharing tentang cara mengubah tampilan Samsung Corby GT-S3850 menjadi tampilan Android Gingerbread.

Berikut ini link tutorial Flashing dari gudangsiki :
  1. Samsung Galaxy Ace GT S5830i 
  2. Samsung Galaxy Fame GT S6810i 
  3. Samsung Corby GT S3850 
  4. Advan Vandroid E1-B 


      Related Posts:

      0 Response to "Cara mengatasi restart, gagal boot dengan cara flashing samsung GT-S3850 Corby dengan multiloder"

      Posting Komentar