Tips Kesehatan Mata di Depan Komputer

Sebagai blogger, walaupun masih paruh waktu, namun terkadang mata ini menjadi lelah karena terus menerus berada di depan laptop.  Jika sobat punya masalah yang sama, jangan khawatir, karena Saya punya tips kesehatan mata buat sobat yang selalu nongkrog di depan komputer. Tentunya Saya dapat info tips kesehatan  ini dari blog lain, lalu Saya praktikkan ilmunya dan sharing kembali buat sobat semua.

Berikut ini beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata akibat terlalu lama bekerja di depan komputer.

Beristirahat walaupun sekejap
Ketika mata sobat sudah mulai lelah, jangan paksakan untuk selalu menatap layar monitor, cobalah berdiri lalu jalan-jalan sejenak, cari pemandangan di luar ruangan walau hanya 5 menit tiap jam atau maksimal istirahatkan mata sobat tiap 2 jam sekali. Mata juga punya kemampuan yang terbatas untuk memelototin objek dalam jarak dekat, jadi obatnya pelototin objek yang jauh biar adil.

Atur jarak monitor dengan mata
Aturlah jarak antara monitor dengan mata senyaman mungkin sehingga tidak membuat mata sakit. Standarnya jarak pandang mata dengan monitor minimal 45 cm, lebih bagus lagi jika jaraknya antara 50-100 cm dengan posisi pandangan 10-15 derajat ke bawah dari pandangan lurus atau 2-5 cm lebih rendah dari mata kita. Atur juga posisi duduk dengan punggung dan leher rata tapi tidak kaku sehingga tidak menimbulkan pegal-pegal.


Tips Kesehatan Mata di Depan Komputer


Atur kecerahan layar monitor
Layar monitor yang terlalu kontras akan menimbulkan efek cepat lelah pada mata. Jadi, atur kecerahannya senyaman mungkin untuk meminimalisir efek tersebut.

Atur tata pencahayaan di ruangan 
Selain mengatur kecerahan layar, pencahayaan di ruangan pun sangat menentukan kesehatan mata. Agur tata cahaya ruangan sobat senyaman mungkin, tidak terlalu redup dan juga tidak menyilaukan. Usahakan posisi lampu berada di atas kepala kita dan cahaya dari jendela ruangan tidak menyilaukan mata.

Pakai anti radiasi
Agar mata sobat bisa aman dari gangguan radiasi dan silauan  cahaya yang dihasilkan monitor, tidak ada salahnya monitor sobat dipasang anti radiasi alias screen protector untuk meminimalisi radiasi yang ditimbulkan atau sobat memakai kaca mata anti radiasi atau anti silau.

Senam mata
Caranya cukup sederhana yakni dengan mengedip-ngedipkan mata sobat dan memijat area kelopak mata secara lembut dengan gerakan melingkar, nggak usah lama-lama, cukup 2 menit saja.

Banyak konsumsi buah dan sayur
Sebagai tambahan nutrisi agar mata sobat tetap sehat, coba deh sediakan buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak vitamin A, karena vitamin A efeknya baik sekali untuk keseahatan mata kita.

Nah, itu saja dulu sobat, beberapa tips kesehatan mata untuk sobat yang biasa bekerja di depan komputer.

Related Posts:

0 Response to "Tips Kesehatan Mata di Depan Komputer"

Posting Komentar