Tips Untuk Kesehatan Rambut

Bagaimana cara Anda mencuci rambut Anda dan apakah produk yang Anda gunakan bisa mempertahankan kehalusan rambut dan membuat rambut berkilau dalam jangka waktu yang lama ? Ikuti tips sederhana untuk menjaga kesehatan rambut dari dermatolog (ahli penyakit kulit).


fTips Untuk Kesehatan Rambut



Cuci rambut berminyak sesering mungkin 

Seberapa sering Anda harus mencuci rambut, hal ini harus didasarkan pada berapa banyak minyak yang diproduksi pada kulit kepala Anda.

  • Jika kulit kepala Anda berminyak, Anda perlu mencuci sesering mungkin dalam sehari.
  • Jika Anda sering memakai bahan kimia untuk rambut Anda, kondisi rambut akan lebih kering, sehingga Anda cukup mencucinya jarang-jarang saja.
  • Ketika umur Anda bertambah tua, kulit kepala Anda akan sedikit memproduksi minyak, sehingga Anda tidak perlu keramas memakai shampo sering-sering. Tetapi jika Anda melihat beberapa serpihan di rambut Anda, maka dengan keramas saja tidak akan cukup. Serpihan ini dapat menyebabkan ketombe dan kulit kepala lainnya berpenyakit.


Berkonsentrasilah memakai sampo pada kulit kepala 

Saat mencuci rambut Anda, cobalah berkonsentrasi pada pembersihan kulit kepala, daripada mencuci seluruh rambut. Mencuci rambut Anda hanya akan membuat rambut menjadi kusut, kusam dan kasar.

Gunakan kondisioner setiap habis keramas kecuali jika Anda menggunakan shampo yang isinya sekaligus kondisioner yang berguna untuk membersihkan dan mengkondisikan rambut. Menggunakan kondisioner secara signifikan dapat memperbaiki tampilan rambut yang rusak menjadi lebih bersinar, mengurangi listrik statis, meningkatkan kekuatan rambut dan meningkatkan perlindungan dari sinar ultraviolet yang berbahaya.


Berkonsentrasi dalam memakai kondisioner pada ujung rambut

Karena kondisioner dapat membuat rambut halus menjadi terlihat lemas, maka kondisioner ini sebaiknya digunakan pada ujung rambut dan bukan pada kulit kepala atau bagian rambut lainnya.


Pilih sampo dan kondisioner yang diformulasikan khusus untuk jenis rambut Anda

Sebagai contoh, jika Anda ingin agar rambut Anda berwarna hitam, gunakan sampo yang dirancang untuk menghitamkan rambut. Jika rambut Anda rusak atau akibat pemakaian bahan kimia, pertimbangkan untuk memakai sampo jenis "2-in-1", sampo sekaligus kondisionernya.


Melindungi rambut saat berenang 

Lindungi rambut Anda dari kerusakan akibat klorin dengan cara membasahi dan melakukan pengkondisian rambut Anda sebelum berenang. Pakailah topi renang yang ketat dan gunakan sampo dan kondisioner yang diformulasikan khusus buat perenang untuk menggantikan kelembaban yang hilang.

Itulah beberapa tips untuk kesehatan rambut yang mudah-mudahan bermanfaat buat Anda semua. Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah kronis tentang perawatan rambut Anda, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter kulit agar lebih detail

Sumber : https://www.aad.org/dermatology-a-to-z/health-and-beauty/hair-care/tips-for-healthy-hair

Related Posts:

0 Response to "Tips Untuk Kesehatan Rambut"

Posting Komentar