Tips Menghilangkan Jerawat Secara Alami Dengan Cepat

Jerawat adalah suatu kondisi normal yang terjadi kulit  yang bisa terjadi pada tiap orang. Jerawat merupakan peradangan kulit di mana kelenjar sebaceous (kelenjar minyak) terinfeksi oleh bakteri sehingga membengkak dan berisi nanah. Kelebihan sebum sekresi oleh kelenjar minyak adalah penyebab utama di balik masalah ini. Jerawat umumnya terjadi pada wajah, leher, punggung dan bahu. Meskipun bukan kondisi kritis, jerawat bisa membuat seseorang merasa sengsara pada penampilan mereka.


Tips Menghilangkan Jerawat Secara Alami Dengan Cepat


Ada banyak lotion dan obat-obatan di pasaran untuk mengobati jerawat tetapi memerlukan banyak waktu dalam penyembuhannya. Banyak metode alami yang efektif dalam mengobati jerawat dalam jangka waktu yang sangat singkat.

Berikut adalah 10 tips atau cara untuk menghilangkan jerawat secara alami dengan cepat.

Es
Es dapat digunakan untuk  tips ngilangin jerawat dengan cepat. Es membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah ke daerah yang terkena jerawat, pembekuan pori-pori kulit dan menghilangkan kotoran serta minyak yang menumpuk di kulit. Anda dapat menggunakan es batu atau air es, pilih mana yang nyaman buat Anda. Jika menggunakan es batu, bungkuslah dalam sepotong kain lalu letakkan dan tahan pada daerah kulit yang terkena selama beberapa detik. Tunggu beberapa menit dan ulangi proses tersebut. Ketika es digunakan berulang kali pada jerawat, maka es akan membantu mengurangi peradangan atau pembengkakan dan akan segera menenangkan kulit Anda.

Jeruk nipis 
Cara lain yang juga cepat untuk menyingkirkan jerawat adalah penggunaan jus lemon yang kaya akan vitamin C. Lemon yang dijus akan membantu jerawat mengering lebih cepat. Pastikan untuk menggunakan jus lemon segar, bukan jus yang sudah pakai botol yang memiliki pengawet.
Ada beberapa cara untuk menerapkan resep ini, yaitu :
  • Celupkan kapas bersih di jus lemon segar dan menerapkannya pada jerawat sebelum tidur.
  • Anda juga dapat membuat pasta dengan mencampurkan satu sendok makan jus lemon dengan satu sendok teh bubuk kayu manis dan meletakkannya di jerawat semalaman. Di pagi hari, cuci kulit dengan air suam-suam kuku. Namun, obat khusus ini tidak cocok untuk mereka yang memiliki kulit sensitif.
Madu 
Madu merupakan sumber antibiotik alami yang dapat mempercepat proses penyembuhan, serta membantu mencegah infeksi. Celupkan kapas bersih dalam madu, kemudian letakkan langsung pada daerah yang terkena jerawat dan biarkan selama setengah jam. Selanjutnya cuci kulit dengan air suam-suam kuku. Pilihan lain adalah dengan cara  mencampur madu dan kayu manis untuk membuat pasta dan menerapkannya di atas jerawat sebelum tidur. Di pagi hari, akan terlihat adanya  pengurangan peradangan atau pembengkakan. Cuci kulit dengan air dingin.

Pasta gigi 
Pasta gigi yang Anda gunakan setiap pagi untuk membersihkan gigi Anda, juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat dengan cepat. Kondisi ini paling efektif dilakukan bila digunakan setelah pengobatan dengan es. Anda harus menggunakan pasta gigi putih dan hindari menggunakan gel pasta gigi. Caranya, terapkan beberapa pasta gigi putih di atas area kulit yang terkena jerawat, sebelum tidur. Di pagi hari, basuh wajah dengan air dan Anda akan melihat pengurangan pembengkakan yang signifikan. Jika Anda mau, Anda dapat mengulangi proses di siang hari. Pastikan pasta gigi tadi berada sekitar area jerawat setidaknya selama setengah jam.

Uap air
Lakukanlah penguapan pada kulit Anda setiap saat,  terutama ketika Anda memiliki jerawat. Uap akan membuka pori-pori kulit Anda dan memungkinkan kulit Anda bisa bernapas lega. Hal ini membantu menyingkirkan minyak, kotoran dan bakteri yang terperangkap dalam pori-pori yang dapat menyebabkan infeksi atau peradangan. Caranya, isi wadah besar dengan air panas dan biarkan uapnya mengenai atau kontak dengan wajah Anda selama beberapa menit. Bilas wajah Anda dengan air hangat dan setelah wajah kering, oleskan pelembab kulit yang bebas minyak. Perawatan ini juga akan memberikan kulit Anda lebih cahaya dan indah.

Bawang putih 
Bawang putih merupakan antivirus, antijamur, antiseptik dan antioksidan yang dapat membantu dalam pengobatan jerawat dengan cepat. Kandungan sulfur dalam bawang putih juga menjadikan penyembuhan  jerawat lebih cepat. Caranya, potong satu siung bawang putih segar menjadi dua bagian. 
Gosokkan bawang putih pada jerawat dan biarkan selama lima menit sebelum mencuci kulit dengan air suam-suam kuku. Ulangi perawatan beberapa kali sehari. Makan satu siung bawang putih mentah setiap hari juga dapat membantu membersihkan darah Anda. Tapi jangan makan bawang putih mentah terlalu banyak karena dapat mengganggu perut.

Baking soda 
Baking soda adalah pilihan yang baik untuk semua, terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif karena baking soda tidak akan menyebabkan gangguan pada kulit. Caranya, buatlah pasta tebal dengan mencampur satu sendok teh baking soda dengan air atau jus lemon. Cuci kulit Anda dengan baik, dan biarkan sedikit agak basah. Oleskan pasta pada daerah yang terkena jerawat dan biarkan hingga kering selama beberapa menit. Jangan menyimpan baking soda pada kulit Anda terlalu lama karena dapat menyebabkan kekeringan. Cuci wajah Anda dengan air hangat dan jangan lupa terapkan pelembab. 
Ulangi proses ini dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang cepat.

Daun peppermint
Peppermint adalah ramuan kuat yang dapat membantu menghilangkan jerawat dengan sangat cepat. Efek mentol yang menenangkan yang terdapat dalam peppermint, membantu mengurangi iritasi dan kemerahan yang disebabkan oleh jerawat. Sifat antibakteri dan antivirusnya juga membantu membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. Caranya, hancurkan beberapa daun peppermint untuk mengekstrak jusnya. Terapkan jus tersebut pada jerawat Anda dan biarkan selama 10 menit. Cuci kulit Anda dengan air dingin. Jika daun peppermint segar tidak tersedia, Anda dapat menggunakan minyak peppermint, yang berisi sejumlah vitamin dan asam lemak esensial. Ambil 2-3 tetes minyak peppermint dan menerapkannya pada jerawat Anda. Lakukan pemijatan dengan minyak tersebut selama beberapa menit dan kemudian bilas dengan air.

Mentimun 
Mentimun adalah sumber yang kaya akan potassium dan vitamin seperti A, C dan E. Mentimun juga memiliki efek pendinginan dan menenangkan pada kulit. Caranya, potong satu atau dua mentimun segar dan rendam dalam air selama sekitar satu jam. Nutrisi seperti vitamin A, kalium dan klorofil akan ditransfer ke air. Saring airnya dan minumlah atau menggunakan air tersebut untuk mencuci muka. 
Anda juga dapat membuat masker wajah dengan menggiling satu mentimun. Oleskan masker pada wajah Anda dan biarkan hingga kering selama 15 menit. Cuci kulit Anda dengan air hangat. Ini akan membantu membersihkan kotoran dan bakteri dari pori-pori Anda.

Pepaya 
Buah pepaya memiliki sejumlah nutrisi yang membantu dalam pengobatan jerawat. Pepaya adalah sumber yang baik dari antioksidan vitamin A dan memiliki enzim yang membantu mengurangi peradangan dan membuat kulit Anda lembut dan halus. Selain itu, kemampuan exfoliating (mengelupas/membuang) dalam pepaya akan mengangkat sel kulit mati dan membantu pori-pori tersumbat menjadi lancar. Caranya gampang, cukup dengan menghancurkan potongan pepaya mentah untuk mengekstrak jusnya dan menerapkannya di atas jerawat.

Demikianlah, 10 tips atau cara untuk menghilangkan atau mengobati jerawat secara alami dan cepat untuk kepentingan kesehatan wajah Anda.

Sumber : http://www.top10homeremedies.com/

Related Posts:

0 Response to "Tips Menghilangkan Jerawat Secara Alami Dengan Cepat"

Posting Komentar